http://picasion.com Aku Cinta Indonesia




Memilih Peluang Pasar

Judul ini merupakan inspirasi dari perbincangan saya dengan beberapa rekan kerja, mereka membicarakan bagaimana memilih peluang pasar, dan pertanyaan pun ditujukan kepada saya, bagaimana mencari atau memilih peluang pasar? Sebenarnya saya bukan seorang ahli dalam marketing, sama halnya dengan mereka, hanya karyawan disebuah layanan publik, tapi baiklah saya mencoba memberi jawaban, semoga ini dapat membantu rekan saya dan juga teman-teman blogger yang secara sengaja atau tak sengaja mampir di blog ini.

Baiklah, dan inilah cara saya memilih peluang pasar berdasarkan pengalaman saya dalam menjual beberapa produk, yaitu :
  1. Cobalah temukan apa yang diinginkan pelanggan, jika anda seorang penjual tepatnya anda memiliki toko, carilah apa yang diinginkan pelanggan toko anda, atau keinginan masyarakat disekitan anda. Misalnya, ketika masyarakat disekitar toko anda menginginkan barang harian, maka cobalah melengkapi toko anda dengan barang-barang kebutuhan harian;
  2. Pilihlah produk yang disukai pelanggan tetap bukan, tetapi selingi juga produk toko anda dengan produk yang belum dikenali oleh pelanggan anda, dan berilah pemahaman bahwa produk itu bermanfaat untuk pelanggan;
  3. Umumnya pelanggan adalah orang kebanyakan, tentu saja yang dipertimbangkan adalah harga, anda pun bisa menetapkan harga yang pas untuk pelanggan, artinya menetapkan harga mahal atau murah itu wajar-wajar saja, tetapi cobalah memperhatikan daya beli masyarakat, khususnya masyarakat lokal.
  4. Lakukan review dengan pelanggan, jika memiliki pelanggan tetap, cobalah lakukan komunikasi dengan mereka dan cari tahu apa tanggapan mereka setelah menggunakan produk toko anda, ini sangat efektif menunjang bisnis anda, karena anda dapat mengetahui apa tanggapan mereka, dan dari tanggapan itu pula dapat disusun strategi baru dalam memasarkan produk anda.
  5. Kurangi mempertimbangkan kerugian, seorang pengusaha sukses tidak takut mengalami kerugian, artinya terlalu main hitung-hitungan justru menghambat usaha anda. 
Cara ini yang sering saya lakukan dalam hal memasarkan produk, dan juga merupakan strategi saya dalam memilih peluang pasar, nah bagaimana dengan anda? 
Note :
Tulisan ini akan dilanjutkan di posting selanjutnya

Labels:



1 Response to "Memilih Peluang Pasar"

  1. Ada lembaga pelaksana qurban yang membantu kurban pelaksanaan qurban seperti www.globalqurban.com

Leave A Comment:

Terimakasih telah meninggalkan komentar di blog ini

Penawaran Beriklan Super Gampang

Kumpul Blogger